Ket. Foto : Salah seorang penumpang penerbangan Sriwijaya Air tiba di Bandar Udara Kualanamu International Airport (KNIA) dari Bandar Udara Soekarno Hatta (Soeta) belum lama ini. (zahendra)

24 April – 1Juni 2020, Penerbangan Penumpang Dalam dan LN Ditutup

Medan, infoindependen.com – Status bandara tidak diperkenankan mengangkut penumpang dalam negeri dan luar negeri (Niaga Berjadwal dan Niaga Tidak Berjadwal) pada periode tanggal 24 April sampai tanggal 1Juni 2020.

Ini diberlakukan berdasarkan Perpres Larangan Mudik Lebaran dan akan ditindaklanjuti dengan Permenhub tentang Angkutan Udara pada Periode Larangan Mudik.

Menurut Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) tentang larangan mudik, penerbangan domestik yang dilarang di masa wabah virus Corona hanyalah penerbangan dari dan ke kawasan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan zona merah. Di luar itu, penerbangan tetap boleh beroperasi.

“Ini maksudnya untuk daerah PSBB dan zona merah,” kata Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati, yang dikutip dari detikcom, Jumat (24/4/2020).

Menyikapi kondisi tersebut dan mengikuti Intruksi Direktur Operasi dan Pelayanan (DIROPSYAN) Angkasa Pura (AP) 2 tertanggal 27 Maret 2020 perihal Kategori Operasi Bandara maka terhitung tanggal 24 April 2020 Jam 24.00 WIB seluruh Bandara Angkasa Pura II dalam status Terminate Operation.

Agar dipahami dengan jelas definisi Terminate Operation dan kriteria yang mengikutinya. Terminate Operation bukan berarti bandara ditutup. Bandara tidak ditutup tapi tidak mengoperasikan layanan penerbangan niaga berjadwal dan tidak berjadwal. Penerbangan untuk operasional angkutan kargo masih diperbolehkan.

Permenhub larangan mudik yang dimaksud adalah Permenhub Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran COVID-19. Permenhub itu diteken Menhub Ad Interim Luhut Pandjaitan pada Kamis (23/4) kemarin. (Red/dtc)

BACA JUGA :  KPK Tahan Tujuh Tersangka Dari Kegiatan Tangkap Tangan Di Kabupaten Kutai Timur



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *