Bupati Lingga Alias Wello

Bupati Lingga Larang PT CSA Bangunan Perkebunan Kelapa Sawit, Walaupun Untuk Kepentingan Masyarakat

Lingga, Infoindependen.com – PT Citra Sugi Aditya (CSA) berniat membangun perkebunan sawit untuk kembangkan Industri Hilir di Pulau Lingga. Berkembangnya perkebunan sawit di daerah Pulau Sumatera, Riau, Kalimantan dan Sulawesi karena merupakan pemutar roda ekonomi. Untuk itu PT CSA berkeinginan membangun perkebunan sawit di Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) guna meningkatkan ekonomi masyarakat dan pemerintah kususnya daerah Lingga.

Sepintas, perkembangan kebun sawit tidak ada kaitannya dengan masyarakat di Pulau Lingga (Kabupaten Daik Lingga, Provinsi Kepulauan Riau. Dalam kenyataannya tidaklah demikian. Sebab, industri hilir sawit seperti minyak goreng, mentega, sabun/detergen, shampo dan lain-lain sebagian besar bisa dihasilkan dari turunannya.

PT CSA pada saat ini telah melaksanakan sosialisasi rencana pembukaan perkebunan kelapa sawit dan pembangunan pabrik pengolahan kelapa sawit. Sosialisasi yang bertajuk konsultasi publik dalam rangka studi amdal rencana usaha/kegiatan perkebunan dan pabrik pengolahan kelapa sawit serta pelabuhan itu dilaksanakan di Pancur, Pulau Lingga yang dihadiri para Kepala Desa (Kades) dari Kecamatan Lingga Utara dan Lingga Timur dan juga Rusli, Asisten Bupati Lingga.

Dasar untuk pembangunan perkebunan kelapa sawit di Pulau Linnga, PT CSA telah mendapatkan Izin Usaha Perkebunan (IUP) kelapa sawit lebih kurang seluas 10.759 hektar di Lingga Utara dan Lingga Timur. Dan sudah melalui Keputusan Bupati Lingga Nomor : 160/KPTS/IV/2010, tanggal 26 April 2010 ini mendapat kepercayaan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Lingga. Dan terus melakukan sosialisasi dan akan menjalankan sesuai dengan tujuan pemberian izinnya.

PT CSA juga telah memperoleh surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor : SK.624/Menhut-II/2014 tentang Pelepasan Kawasan Hutan Produksi yang Dapat Dikonversi untuk perkebunan kelapa sawit di Lingga lebih kurang seluas 9.694,84 hektar.

BACA JUGA :  Tidak Terima Ditilang, Pengendara Motor Ini Ngamuk Banting Motor Sendiri Hingga Rusak.

Dan sampai saat ini, walau pun PT CSA belum dapat berbuat apa pun untuk pembanguan perkebunan kelapa sawit di daerah Pulau Lingga Kepri, pasalnya mendapatkan larangan keras oleh Bupati Lingga, walaupun PT CSA telah mengantongi Izin Pelepasan Kawasan Hutan untuk Pembangunan Perkebunan Kelapa Sawait yang dikeluarkan oleh Kementerian Kehutanan (Kemenhut) RI kepada PT CSA. Kemudian, juga mengantongi Izin Pencadangan Lahan dari Gubernur Kepri. Selain itu, juga mengantongi Izin Lokasi dari Bupati Lingga, Izin Usaha Perkebunan dari Bupati Lingga yang pada saat itu di jabat oleh Daria.

“Kami belum bisa membuka lahan yang telah diberikan izin oleh instansi terkait, jangankan membuka lahan untuk pembangunan perkebunan kelapa sawit yang telah mendapatkan izin, menebang satu batang pohon saja, Bupati akan laporkan ke Polisi,” ungkap Komisaris PT CSA, Tri Supritoyo saat dikomfirmasikan melalui telpon seluler (Hp).

Tri Supritoyo meneruskan, kita tidak tau dimana kesalahan dan kekurangan diperizinan untuk membuka lahan perkebunan kelapa sawit di daerah Pulau Lingga. Sehingga Bupati melarang pembangunan perkebunan kelapa sawit dengan keras,” tanya nya.

“Segala perizinan dan prosudur telah PT CSA ikuti, dari sosialisasi-sosialisasi kepada beberapa desa yang ada dilngkungan pembanguna perkebunan kelapa sawit telah dilakukan beberapakali,” terang Tri Supritoyo. (Red)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *