Bupati Simeulue : Sukseskan Pertanian Akan Dibangun Irigasi Sigulai

Simeulue, Infoindependen.com – Bupati Simeulue H. Erli Hasim SH. S.Ag. M.I. Kom berkesempatan menghadiri Rapat Kerja Program turun ke Sawah Menanam Padi Serentak yang diberi nama Humasa Sebbel/Humaha Heba dalam Wilayah Kabupaten Simeulue.

Segenap jajaran Forkopimda Kabupaten Simeulue turut menghadiri acara Rapat Kerja Daerah tersebut, juga tampak hadir Asisten III Bidang Administrasi Umum Abdul Karim. S.Pd, Kepala Dinas Pertanian Samsuar. SP, Kepala Dinas Perikanan Isdawati. SP, Kepala Dinas Peternakan Hasrat SP.

Rakerda Humasa Sebel/Khumaha Heba ini, dilaksanakan Senin (11/1/2020) di Gedung Serba Guna Kabupaten Simeulue.

Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Pelaksanaan Khumaha Heba/Humasa Sebel masa tanam Rendeng (serentak) tahun 2021, yang digelar oleh Dinas Pertanian Kabupaten Simeulue diikuti oleh seluruh camat, kepala desa dan ketua kelompok tani dalam wilayah Kabupaten Simeulue.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Simeulue, Samsuar. SP, dalam sambutannya mengatakan, rakerda yang digelar pada hari ini bertujuan untuk menetapkan Masa Tanam Rendeng Tahun 2021.

“Pentingnya pertanian ini merupakan sebuah Program Kesiapan Ketahanan Pangan Khusus untuk kita di Wilayah Kabupaten Simeulue.

Program turun Kesawah ini berawal dimulai dilaksanakan pada masa pandemi tahun lalu,
sehingga kita pun baru saja dapat merasakan hasilnya, kita bertekad akan terus melanjutkan,

Pada tahap awal, hal ini pun dapat dibuktikan bahwa ribuan hektare lahan-lahan tidur yang selama ini terbiarkan terlantar hingga puluhan tahun kini sudah dikelola dengan tertanami padi kembali,” pungkas Kadis

Sementara itu Bupati Simeulue H. Erli Hasim. SH., S.Ag., M.I.Kom dalam arahannya mengatakan, pada tahun 2021 ini kita telah memiliki data tambahan yaitu hampir 7 hektar lahan akan kembali difungsikan, untuk meningkatkan penghasilan para petani Dalam Wilayah Kabupaten Simeulue.

BACA JUGA :  DPW LPLHI Sumut Apresiasi Tiga Mahasiswa USU Ikuti Lomba Karya Ilmiah

Bupati mengatakan bahwa siang tadi pihaknya telah menerima tamu dari Dinas Perairan Aceh Dalam Rangka Pelaksanaan Pembangunan Irigasi Sigulai yang pelaksanaannya dilakukan pada Bulan Januari ini,

Tentu pembangunan irigasi yang akan dibangun tersebut untuk menunjang peningkatan sektor pertanian agar tidak krisis dari air untuk persawahan yang dikerjakan.

Sebagai pendukung pelaksanaan pelayanan Koperasi Oriza Sativa telah menyediakan satu unit kendaraan bak terbuka jenis L 300 untuk menjemput gabah petani, ujar Bupati.

Persatu Februari sampai dengan akhir Maret diharapkan masa tanam sudah selesai, sehingga di Bulan Ramadhan kita sudah tidak ada lagi yang turun ke sawah,” target Bupati.

Dalam kesempatan itu Bupati mengatakan untuk Alsintan sudah disiapkan dari dana hibah yang tersedia, program tanam padi secara serentak ini akan mengurangi serangan hama Burung Pipit, hal ini bisa dilakukan jika penanaman dilakukan secara menyeluruh dalam wilayah kabupaten Simeulue, pungkasnya.

Selain itu Bupati juga menekankan untuk benih padi yang akan ditanam harus benih yang memiliki masa panen maksimal lima bulan, tutupnya.

Diakhir acara Rapat Kerja Daerah 10 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Simeulue melakukan penanda tanganan MoU bersama Bupati Simeulue dan jajaran Forkopinda Kabupaten Simeulue.

Seluruh yang hadir dalam acara rapat kerja Daerah yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Kabupaten Simeulue tetap memakai masker dan mengikuti Protokol Kesehatan Covid-19. (DE)