Bupati Tj Balai Karimun Hadiri Kegiatan TNI Manunggal KB Kesehata Disejalankan Hari Kontrasepsi Se-Dunia

Tanjungbaalai Karimun, infoindefenden.com– Bupati Tanjung Balai Karimun Aunur Rafiq, menghadiri kegiatan TNI Manunggal KB Kesehatan dan disejalankan dengan Hari Kontrasepsi se-dunia di Kabupaten Tanjungbalai Karimun Tahun 2020 bertempat di Puskesmas Tanjungbalai Karimun Kecamatan Karimun, Kamis (17/9).

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Tanjungbalai Karimun dampingi Komandan Kodim, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Puskesmas Karimun, Ibu ketua tim Penggrak PKK Kabupaten Tanjungbalai karimun, dan Ketua Persit.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Tanjungbalai Karimun Aunur Rafiq menyampaikan walaupun saat ini kita masih diseliputi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.
Namun, kegiatan ini tetap terlaksana secara baik dengan mengutamakan protokol kesehatan dan tetap jaga jarak.

Bupati Tanjungbalai Karimun Aunur Rafiq , berharap semoga pengendalian penduduk di Kabupaten Tanjungbalai Karimun dapat terkendali, kata Rafiq.

” Saya mengucapkan terimakasih kepada Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana (KB), Pemberdayaan Perempuan (PP) dan Perlindungan
Anak (PA)Tanjungbalai Karimun dan TNI
yang telah menyelenggarakan kegiatan ini,” ujarnya.

Sebab, dilaksanakan secara serentak ditiga Kecamatan yaitu Kundur Barat, Meral dan
Karimun,” kata Rafiq dalam kata sambutannya.

Dengan tema, mewujudkan keterpaduan kemitraan kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga dalam rangka meningkatkan
kwalitas keluarga sejahtera.

Sehingga, dapat terbangun keluarga sejahtera untuk pembangunan dimasa yang akan datang. Melalui, kerjasama antara
Pemerintah Saerah dengan TNI Manunggal dapat mewujudkan penggunaan alat kontrasepsi bagi pasangan suami istri, ujar Bupati Karimun Aunur Rafiq.

” Perlu diketahui, selama enam bulan penanganan Covid-19 di Kabupaten Tanjungbalai Karimun, baru satu orang yang meninggal dunia akibat positif Covid-19. Untuk
itu saya harapkan, dalam kesempatan ini peranan para ibu-ibu untuk melakukan pencegahan terhadap penyebaran Covid-19,” pesannya.

Masih kata Rafiq , Kabupaten Tanjungbalai Karimun yang berbatasan langsung dengan dua Negara ini harus bisa mengendalikan penduduk, salah satunya
penggunaan alat kontrasepsi diantaranya penggunaan KB.

BACA JUGA :  Kapolda Kepri, Kapolresta Barelang Menghadiri Kegiatan Vaksin Massal Yang Diselenggarakan Oleh BIN Daerah Kepri Bersama Forkopimda Kepri Dan Kota Batam

Selain ada Indikator lainnya, seperti peningkatan angka kelahiran, umur yang panjang,menurunnya angka kematian dan kurangnya pendidikan serta Imigrasi dari luar Daerah masuk ke Kabupaten Tanjungbalai Karimun, papar Rafiq.

” Disinilah, untuk mengendalian penduduk harus komitmen bersama dari semua pihak. Agar, tidak terjadi pertumbuhan penduduk yang membludak dimasa yang akan datang,” terangnya.

Untuk itu, pengendalian penduduk di Kabupaten Tanjungbalai Karimun harus mempunyai data yang Akurat. Tidak hanya angka kelahiran saja, namun data penduduk
yang masuk di Kabupaten Tanjungbalai Karimun berapa setiap tahunnya. Sehingga, bisa memprediksi berapa persen pertambahan penduduk kedepannya.

” Pentingnya pengendalian penduduk di Kabupaten Tanjungbalai Karimun ini. Sebab, ada keterkaitan antara satu dengan lainnya dalam kehidupan bermasyarakat,”
ungkapnya.

Terakhir, Bupati Tanjungbalai Karimun Aunur Rafiq memberikan bingkisan kepada perwakilan sunat massal. Dan dilanjutkan peninjauan lokasi pelayanan kesehatan di Puskesmas Tanjungbalai.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, KB, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tanjungbalai Karimun, Rosmawati menyampaikan ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tanjungbalai Karimun atas dukungan untuk kegiatan ini, ucapnya.

Rosmawati mengungkapkan, peranan pengendalian penduduk ini sangat penting dalam tatanan kehidupan di Kabupaten Tanjungbalai Karimun. Melalui kerjasama
dengan TNI Manunggal dengan penggunaan KB. Diharapkan, dapat mengendalikan penduduk kedepannya.

Pada kesempatan tersebut, Rosmawati juga menjelaskan, rangkaian kegiatan yang akan dilakukan yaitu kegiatan Khitanan massal untuk 50 anak, Donor darah untuk 30 orang peserta dan pelayanan KB gratis
untuk 50 orang.

Rosmawati menuturkan, peranan pengendalian penduduk ini sangat penting dalam tatanan kehidupan di Kabupaten Tanjungbalai Karimun. Melalui kerjasama dengan TNI Manunggal dengan penggunaan KB.

  1. “Diharapkan, dapat mengendalikan penduduk kedepannya,” tutupnya mengakhiri. (James N)
BACA JUGA :  Jelang Pilkada Serentak di Kepulauan Riau 2020, DPD Pemuda Batak Bersatu Tegaskan Sikap Netral