Diduga Gunakan Paket C Palsu, Sunardi Dilaporkan Ke Polda Riau

Pelalawan, infoindependen. Anggota DPRD Kabupaten Pelalawan dari Partai Golkar dilaporkan LSM ke Polda Riau, Sunardi SH dilaporkan dengan dugaan penggunaan ijazah palsu.

Untuk mendapatkan gelar sarjana hukum di salah satu universitas di Riau, Sunardi diduga menggunakan ijazah Paket C palsu yang telah dinyatakan dengan Surat Keputusan Disdikpora Lampung Timur.

Kemudian Sunardi menggunakan Ijazah SH tersebut sebagai persyaratan mencalonkan diri sebagai Anggota DPRD Pelalawan Periode 2019-2024.

Dugaan ijazah palsu Sunardi SH ini diungkapkan
Erwis Mariono SH (Ketua LSM SEKOCI Indonesia Raya) yang didampingi oleh kuasa hukumnya Drs. Alisyahbana Ritonga, SH, MH.

Erwis megatakan bahwa ia telah dipanggil oleh Kabag Wassidik Direskrimum Polda Riau untuk konfirmasi terhadap laporannya.
Labih lanjut menurut Erwis, Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Lampung Utara melalui surat No. 800/38415/SK-06/2009 Tanggal 2 April 2009 menyatakan bahwa Ijazah Paket C atas nama Sunardi tidak sah,”

Namun sampai saat ini Sunardi SH masih nyaman menjabat sebagai Wakil Rakyat tanpa tersentuh proses hukum yang jelas meski diduga telah menggunakan ijazah palsu.

Dilain pihak, seorang tokoh politik di Ukui mengatakan bahwa selain berkaitan dengan kepastian proses hukum, KPU Pelalawan juga diduga tidak melaksanakan kewenangannya dengan baik terhadap persyaratan administrasi calon anggota dewan.

Dengan anggaran yang ada, seyogyanya KPU Kabupaten Pelalawan melakukan verifikasi terhadap persyaratan calon anggota dewan dan hal itu sebaiknya terus dilakukan ketika anggota dewan terpilih telah “mereka” tetapkan.

Terkait dugaan ijazah palsu yang dilaporkan LSM Sekoci ini, baik Sunardi maupun KPU Pelalawan belum dapat dikonfirmasi. (DT)

BACA JUGA :  Asian Agri Bagikan Masker Gratis Ke Warga Pangkalan Kerinci