Gelar Konferensi Pers Akhir Tahun, Kejari Karimun Ungkap Berbagai Keberhasilan

Tanjungbalai Karimun, Infoindependen.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Karimun menggelar konferensi pers terkait capaian kinerja selama tahun 2020. Laporan ini sebagai wujud Kejaksaan Negeri Karimun  bagian dari masyarakat Kabupaten Karimun dan sebagai upaya bersama masyarakat untuk menegakkan hukum di Bumi Berazam.

Dalam konferensi pers tersebut, Kepala Kejaksaan Negeri Karimun, Rahmat Azhar SH, MH menjelaskan, Kejaksaan Negeri Karimun memiliki perangkat kerja yang terbagi dalam bidang pidana umum, pidana khusus, perdata dan tata usaha negara, pengelolaan barang bukti dan barang rampasan, serta intelejen.

Selama satu tahun ini, masing-masing telah menunjukkan performa yang maksimal dalam pelayanan dan penegakan hukum kepada masyarakat, ucapnya.

“Performa yang ditunjukkan ini menjadi bagian dari upaya hadirnya dan bermanfaatnya hukum bagi masyarakat,” ungkap Kepala Kejaksaan Negeri Karimun Rahmat Azhar SH, MH  bertempat di Aula Kantor Kejaksaan Negeri Karimun, pada Rabu (16/12/2020) di hadapan puluhan jurnalis media cetak, radio, televisi dan online.

Kajari Karimun Rahmat Azhar, SH. MH mengungkapkan  pada tahun 2020 ada hal yang menarik di bidang pidana umum. Kejaksaan Negeri Karimun telah melaksanakan sidang online untuk yang pertamakali di Indonesia,” ucapnya.

“Di Indonesia, Kejari Karimun yang pertamakali yang melaksanakan sidang online pada mass pandemi Covid-19,” jelasnya.

Kajari Karimun Rahmat Azhar, SH. MH mengungkapkan, bahwa bidang pidum juga berhasil melakukan penunutan untuk yang pertamakali di Indonesia atas kasus kabel bawah laut, yang mana kita mendapatkan penghargaan dari AKLI di Jakarta pada bulan Juli yang lalu.

“Kejari Karimun yang pertamakali yang melakukan penunutan terhadap perkara kabel bawah laut di Indonesia,” terangnya.

Lebih lanjut, Kajari Karimun mengungkapkan, bahwa di wilayah hukum Kejati Kepri ini, kita juga melakukan yang pertamakali melaksanakan Restoratif Justice atau Keadilan yang mana memulihkan keadaan semula, artinya melakukan perdamaian antara korban dan pelaku.

BACA JUGA :  Polres Karimun Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Operasi Mantap Praja Seligi-2020

“Restoratif Justice tersebut atas nama tersangka Novrizal alias Yofiq Bin Yovi, sedangkan korbannya adalah Sofian Bin Narawi dengan pasal 335 ayat 1 KHUPidana yang ancamannya 1 tahun maksimal,” paparnya.

Kepala Kejaksaan Negeri Karimun Rahmat Azhar, SH. MH juga mengungkapkan, bahwa bidang pidana umum Kejaksaan Negeri Karimun telah menerima SPDP dari penyidik sebanyak 182 dan sudah tahap dua 165, eksekusi 132.

“Inovasi- inovasi yang telah dilakukan oleh bidang tindak pidana umum Kejaksaan Negeri Karimun adalah pelayanan kunjungan tahanan online , kemudian ada juga pelayanan antar tilang Drive Thru,” tuturnya.

Pada bidang pidana khusus, Kejari Karimun Rahmat Azhar, SH MH menjelaskan, pada tahun 2020 bidang pidana khusus Kejaksaan Negeri Karimun telah melakukan 2 (dua) penyidikan.

Terkait dengan perkara yang ditangani, terdapat dua perkara yang masuk dalam tahap penyelidikan. Pertama, perkara dugaan tindak pidana korupsi penyalahgunaan dana operasional PDAM Tirta Karimun tahun anggaran 2019 sampai dengan Juli 2020.

Kedua, dugaan korupsi penyalahgunaan anggaran Sekretariat DPRD Karimun tahun Anggaran 2020. “Jadi, ada dua penyelidikan dilakukan di tahun 2020 ini,” kata Kejari Karimun Rahmat Azhar, SH. MH.

Kajari Karimun Rahmat Azhar, SH. MH menerangkan, bahwa tahun ini kita melakukan satu penyedikan yaitu dugaan korupsi penyalahgunaan dana operasional PDAM Tirta Karimun tahun 2019 sampai dengan Juli 2020.

“Untuk perkara ini, Kejari Karimun telah menetapkan dua orang tersangka inisial IS dan JS yang akan kita lakukan penahanan mulai hari ini sampai 20 hari kedepan,” jelasnya.

“Perkara dugaan tindak pidana korupsi penyalahgunaan dana operasional PDAM Tirta Karimun tahun 2019 sampai dengan Juli 2020, Kejari Karimun saat ini masih menunggu hasil audit kerugian keuangan negara,” kata Kejari Karimun Rahmat Azhar, SH. MH.

BACA JUGA :  Paman Bejat Cabuli Keponakannya Sendiri Di Poskamling

Masih kata Kajari, “kita juga melakukan penuntutan pada perkara tindak pidana korupsi perjalanan dinas fiktif DPRD Karimun tahun anggaran 2016 atas nama terdakwa Usman Ahmad mantan Sekwan DPRD Karimun dan terdakwa Boi Zulfikar mantan Bendahara DPRD Karimun. “Jadi, kasus itu saat ini sudah masuk ketahap tahap penunutan,” terang Rahmat.

Kemudian, Kajari Karimun Rahmat Azhar, SH.MH mengungkapkan juga, telah melakukan eksekusi atas nama terpidana Sukiran, mantan Kades Sawang Selatan Kundur yang divonis 4 tahun berdasarkan putusan Mahkamah Agung,” tuturnya.

Pada bidang Data dan Tata Usaha Negara (Datun), capaian kinerja Kejari Karimun tahun 2020 berhasil memulihkan keuangan negara sebanyak Rp 305 juta dari hasil penagihan- penagihan terhadap banyak koperasi yang berdasarkan permintaan Dinas Perdagangan dan Koperasi.

Selain itu, bidang Datun Kejari Karimun juga melakukan kegiatan pendampingan hukum kepada Pemkab Karimun dalam melaksanakan kegiatan pendampingan tanggap darurat Covid-19.

Selama tahun 2020, Kejari Karimun menerima 55 Surat Kuasa Khusus (SKK) dari BPJS Ketenagakerjaan Cabang Karimun dan 5 SKK dari BPJS Kesehatan.

Pada bidang pengelolaan barang bukti dan barang rampasan, selama tahun 2020, Kejari Karimun telah melaksanakan pemusnahan barang bukti Amonium Nitrat sebanyak 530,7 ton beberapa waktu yang lalu di Kanwil DJBC Khusus Kepri.

“Alhamdulillah pemusnahan barang bukti kita laksanakan dengan baik, walaupun melibatkan banyak pihak. Namun, kegiatan tersebut berjalan dengan lancar,” ujar Kajari Karimun Rahmat Azhar, SH. MH.

Pada bidang Intelijen, Kejari Karimun melakukan kinerja dalam upaya penyuluhan hukum. Para jaksa di Kejari Karimun juga memberikan penyuluhan hukum, Jaksa masuk sekolah serta turut melakukan pengamanan pengadaan paket sembako, pemantauan di karantina Covid-19 di SMP 2 Tebing dan mengadakan pendampingan paket sembako tahap 2 di gedung C lantai 2 (dua) di Kantor Bupati Karimun.

BACA JUGA :  Bea Cukai Kepri Dorong Ekspor Produk Perikanan Untuk Pemulihan Ekonomi.

“Hal ini tentu menjadi semangat untuk berupaya lebih dalam menghadirkan hukum di tengah-tengah masyarakat, dan masyarakat benar-benar merasakan manfaat hukum,” kata Kajari  Karimun Rahmat Azhar, SH. MH di Aula Kejaksaan Negeri Karimun.

Selain capaian-capain kinerja tersebut, Kepala Kejaksaan Negeri Karimun Rahmat Azhar, SH. MH mengungkapkan, “kita juga telah melakukan beberapa kali bakti sosial berupa bedah rumah dan pembagian sembako.

Kejari Karimun bertekad untuk meningkatkan pelayanan hukum kepada masyarakat dalam rangka menuju wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM),” pungkasnya. (James.N)