Gudang TPS Di Pelabuhan Parit Rempak Karimun Diresmikan

Tanjungbalai Karimun infoindependen.com – Bupati Karimun Aunur Rafiq didampingi Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim melakukan peresmian soft opening Tempat Penimbunan Sementara (TPS) di Pelabuhan Parit Rempak, kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri),Jumat (25/9/2020 pagi.

Semoga dengan keberadaan TPS ini, bisa meningkatkan produksi impor dan ekspor diwilayah FTZ dan sekitarnya. Sehingga, dapat mengairahkan dunia usaha disegala bidang untuk memenuhi kebutuhan perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Karimun, ujar Bupati Karimun Aunur Rafiq.

Bupati menerangkan bahwa , secara bertahap kita bangun fasilitas infrastruktur di pelabuhan Parit Rempak nantinya. Sebab, sudah 20 tahun Kabupaten Karimun berdiri, baru ada TPS untuk menyimpan barang-barang rawan terhadap cuaca.

“Untuk itu Pemerintah Daerah, tidak hanya mencari pendapatan saja. Namun, untuk mensejahterakan masyarakat dengan meningkatkan pelayanan Publik disegala bidang”, kata Bupati.

Sehingga, bisa berdampak terhadap multi efek pertumbuhan ekonomi kerakyatan dan sebagainya. Mulai dari pedagang kecil, tenaga kerja dan sebagainya, kata Rafiq menambahkan.

”Letak wilayah pelabuhan Parit Rempak ini sangat strategis. Sehingga bisa memberikan kontribusi kepada daerah, melalui keberdaan TPS yang layak,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Utama Badan Usaha Milik Daerah Kepelabuhanan (BUP) Kabupaten Karimun, M. Syahrizal menjelaskan, salah satu pengembangan usaha diwilayah pelabuhan ini dibawah PT Karya Karimun Mandiri (KKM) untuk meningkatkan ekspor dan impor barang.

“Sehingga, kegiatan ekspor dan impor barang bisa dilaksanakan disatu titik untuk mempermudah pengawasan dari instansi-instansi yang berwenang, kata Syahrizal.

Dia menjelaskan salah satunya keberadaan gudang yang memenuhi standar untuk penempatan ekspor dan impor. Agar, bisa menekan harga barang melalui pelabuhan kargo disini.

“Dalam hal pengawasan dan pengontrolan dapat dilakukan seoptimal mungkin, serta dukungan dan kerjasama dari para pelaku pasar, sehingga untuk izin usahanya diharapkan segera dikeluarkan,” pungkasnya.

BACA JUGA :  Patroli Laut BC Gagalkan Miras Di Perairan Pulau Nyamuk Lingga

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Karimun Aunur Rafiq, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Karimun, beberapa perwakilan Mitra Usaha dan Mitra Kerja, serta tamu undangan lainnya dengan  mematuhi protokol kesehatan Covid-19.          (James N)