Kadin Kembali Ajak Pengusaha Sumut Ikut IPE Di Kabul

Medan, infoindependen.com – Kedubes RI Kabul meminta Kadin Sumatera Utara (Sumut) untuk memanfaatkan pasar Altemative Potential Afghanistan (APA) pada penyelenggaraan Indonesian Products Expo atau IPE 2020 di Kabul 18-20 April mendatang.

Kegiatan ini digelar, selain meningkatkan kerjasama antar pengusaha kedua negara juga mendorong pasar APA produk Indonesia ke Afghanistan sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Luar Negeri (Menlu) untuk mewujudkan diplomasi ekonomi sekaligus menggenjot ekspor ke luar negeri.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum Kadin Sumatera Utara, Khairul Mahalli kepada wartawan di Medan, Kamis (20/2/2020) menyusul pemberitahuan Kedubes RI di Kabul melalui Kepala Perwakilan RI, Sadikin-Manister Counsellor.

IPE KBRI Kabul, Mahalli menjelaskan, dilaksanakan dalam bentuk pertama, Pameran Dagang dan Investasi Indonesia di Safi Landmark Hotel, Kabul. Kedua, One-on-One.Meeting peserta Indonesia dengan Importir/pengusaha Afghanistan pada acara yang sama.

“Justru itu kami mengajak pelaku usaha Sumut termasuk UMKM dan eksportir untuk ikut ambil bagian dalam IPE ini. Apalagi hubungan Indonesia-Afghanistan akhir-akhir ini cukup baik. Artinya, kepala pemerintahan/kepala negara saling kunjung antara kedua negara, ”ujar Mahalli yang juga Ketua Umum DPP GPEI ini.

Menurut Dubes RI di Kabul lanjut Mahalli, Afghanistan memiliki posisi strategis untuk masuk ke negara-negara sekitarnya seperti Iran, Turkministan, Uzbekistan, Tejikistan, India dan Pakistan.

Hal ini merupakan peluang besar bagi pengusaha maupun eksportir untuk menerebos pasar di sana sekaligus menjalin hubungan dagang di ajang IPE ini. KBRI menyiapkan tempat pameran dan booth/stand, transportasi lokal, mengatur pertemuan B to B, rekomendasi pembuatan visa ke Kedubes Afghanistan di Jakarta.

“Peserta : biaya tiket pp, hotel makan dan membawa produk yang diekspose, mengisi formulir peserta pameran, mengirimkan data perusahaan, contact person dan line of biusinees untuk buku katalog IPE Kabul 2020. Profile company dapat dikirimkan ke ipe2020kabul@yahoo.co. Pengiriman data tersebut paling lambat 25 Maret 2020 sudah diterima, ”rinci Mahalli.     (Jal)

BACA JUGA :  Peduli Kondisi Masyarakat Terdampak Banjir Kota Sorong, HMI Cabang Sorong Menyalurkan Bantuan Sosial



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *