Kadis Pangan dan Pertanian Karimun: Kebutuhan Pupuk Bersubsidi Kabupaten Karimun Mencapai 500 Ton Per Tahun.

Tanjungbalai Karimun,Infoindependen.com- Kementerian Pertanian (Mentan) akan memberikan stimulus kepada para petani untuk meningkatkan produktivitas pertanian melalui subsidi pupuk. Untuk Kabupaten Karimun sendiri, kebutuhan pupuk subsidi bagi petani mencapai 450 sampai 500 ton per tahunnya.

Namun, dalam realisasinya tidak mencapai segitu, melainkan hanya 10 persen dari usulan para petani di Kabupaten Karimun provinsi Kepulauan Riau.

“Alokasi untuk Kabupaten Karimun sangat kecil lah. Makanya, melalui Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Pupuk Bersubsidi (RDKK) petani telah mengusulkan subsidi pupuk kepada pemerintah pusat melalui kartu tani,” jelas Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Karimun Sukriyanto ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa (29/9/2020).

Untuk itu pihaknya, saat ini sedang mendata RDKK manual ke dalam bentuk RDKK elektronik. Sehingga, bisa bertambah alokasi pupuk bersubsidi bagi para petani di Kabupaten Karimun.

Ia menjelaskan, dimana data yang telah dimasukkan dalam RDKK elektronik nantinya akan terkoneksi langsung ke Kementerian Pertanian. Artinya, data petaniyang ada di Kabupaten Karimun sudah terdata secara sistem di RDKK elektronik Pusat, paparnya.

“Insyallah, bulan Oktober dan November data petani terekam di Kementerian Pertanian. Untuk tahun ini alokasi pupuk subsidi Karimun hanya dapat 20 ton. Mudah-mudahan tahun depan subsidi pupuk dapat 200 ton dalam setahunlah,” ujarnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan hingga sekarang jumlah petani mencapai 4800 orang atau 390 kelompok tani ada dari hasil data Sistem Manajemen Informasi Penyuluh (Simluhtan).

Dengan demikian, upaya dari Dinas Pangan dan Pertanian Karimun saatini melakukan pendataan yang akurat jumlah petani di Kabupaten Karimun untuk mendapatkan kartu tani, katanya.

“Untuk di Kepri memang belum ada kartu tani. Yang jelas, pemanfaatan kartu tani sangat besar bisa mendapatkan alokasi pupuk subsidi secara langsung, bisa meminjam dana kur dan sebagainya,” terangnya.  (Red)

BACA JUGA :  Herbet Damanik Dewan Penasehat DPD Pemuda Batak Bersatu,Happy chenise New Year 2021.