KPK Dorong Penguatan Partai Politik Di Indonesia

Jakarta, infoindependen.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima kedatangan perwakilan Indonesia Corruption Watch (ICW) yang diwakili Peneliti ICW Donal Fariz bersama kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) pada Jumat (28/6) di Ruang Konfrensi Pers Gedung Merah Putih KPK.

Kedatangan mereka diterima Wakil Ketua KPK Laode M Syarif terkait penguatan kapasitas partai politik yang digaungkan KPK kepada seluruh partai politik (parpol) di Indonesia.

Dalam penyampaiannya, Syarif mengatakan, ada beberapa masalah yang ada dan sering terjadi diparpol di Indonesia adalah, keterbukaan dana parpol, kaderisasi parpol serta penegakan etik pada setiap parpol.

”Kita lihat di keterbukaan dana parpol, tak ada satu pun yang transparan. Tak satu pun yang mau diaudit secara keseluruhan, sehingga dana parpol dari mana asalnya, dipakai untuk apa saja. Itu sama saja hutan belantara,” katanya.

Masalah selanjutnya, terkait kaderisasi, disebut Syarif, yaitu, banyaknya parpol yang malah tidak mencalonkan kadernya sebagai Kepala Daerah atau anggota Dewan, tetapi orang di luar partai yang bermodal tinggi. Terakhir soal penegakan etik yang disebut Syarif penerapannya tidak tegas di parpol.

Di akhir penyampaiannya, Syarif berpesan parpol masih menjadi sumber korupsi, karena itu, lanjut Syarif, parpol  jangan menjajikan perubahan tetapi lakukan perubahan. “Itu bisa dilakukan sebagai komitmen penguatan parpol di Indonesia,” pungkas nya. (Red)

BACA JUGA :  Kecam Penembakan Di Masjid Al Noor, Presiden Minta WNI Di Selandia Baru Waspada



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *