Kusworo Darpito : Setelah Direnovasi, Manahan Solo Layaknya GBK

Solo, infoindependen. Pelaksanaan Renovasi Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, segera dimulai demikian sebut Kusworo Darpito.

Kusworo Darpito

Disampaikan Kusworo, Renovasi Stadion Manahan akan berlangsung sekitar 400 hari dan akan selesai pada September 2019 mendatang.
Kontrak pembangunan Stadion Manahan telah dimulai sejak tanggal 20 Agustus lalu demikian dijelaskan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pelaksanaan Penataan Bangunan Komitmen (PPK) Pelaksanaan Penataan Bangunan Startegis 2 Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) seusai pemaparan pembangunan Stadion Manahan di Balai Kota Solo, Senin (27/8/2018).

“Renovasi dilakukan menyeluruh dan mengacu standar internasional yakni standar klasifikasi kelas dua sesuai FIFA,” katanya.

Menurut Kusworo Darpito, renovasi akan dilakukan pada seluruh bagian diantaranya penambahan single seat, penambahan atap, termasuk layout interior.

Saat ini atap hanya ada di sisi barat, setelah renovasi seluruh tempat duduk akan beratap.

“Ruang ganti pemain, juga field of play juga diganti rumputnya, rumputnya sama seperti rumput yang ada di Gelora Bung Karno (GBK), nanti juga diusahakan ada untuk difabel. Termasuk tempat parkir juga masuk renovasi,” jelasnya.

Renovasi dengan anggaran mencapai Rp. 300 miliar tersebut tidak akan menambah kapasitas tempat duduk tetapi memperbaiki kualitas seat. Kapasitas tempat duduk justru berkurang, dari semula 25 ribu seat menjadi 20 ribu seat.

“Stadion Manahan akan seperti GBK mini meskipun tidak semuanya akan seperti di GBK,” ujarnya.

Kusworo juga mengatakan, pihaknya hanya fokus pada pembangunan fisik sedangkan persoalan lain termasuk Pedagang Kaki Lima (PKL) diserahkan kepada Pemkot Solo. Selama pembangunan, Stadion Manahan akan ditutup untuk semua aktifitas.

Sementara itu, Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengatakan Stadion Manahan Solo telah steril dari semua kegiatan termasuk olahraga pada Bulan Agustus.

BACA JUGA :  Tidak Ada Penutupan Pasar Sepekan Akhyar Minta Masyarakat Tetap Tenang

“Semua kantor cabang olahraga yang ada di Stadion Manahan sudah pindah,” ujarnya. (Hend)