Ket. Foto : Crew Kapal Motor (KM) Kelud diduga positif Covid-19. (net)

Laporan KKP Kelas I Batam, 40 Crew KM Kelud Terpapar Covid-19

Medan, infoindependen.com – Berdasarkan laporan tertulis Kepala KKP Kelas I Batam, dr Achmad Farchanny MKM, tentang adanya crew Kapal Motor (KM) Kelud yang baru saja datang dari Jakarta dengan keluhan demam dan mual telah dilakukan pemeriksaan menggunakan rapid test covid-19 didapatkan hasil reaktif (positif).

Informasi itu tertuang dalam laporan Kepala KKP Kelas I Batam, dr Achmad Farchanny MKM pada Minggu 12 April 2020 menyebutkan telah menerima laporan tentang adanya crew Kapal Kelud yang baru saja datang dari Jakarta dengan keluhan demam dan mual.

Surat tersebut ditembuskan kepada  Walikota Batam, Wakil Walikota Batam, Kepala KSOP Batam, Kepala Dinas Kesehatan Batam dan Kepala Cabang PT Pelni Batam.

Isi surat tersebut menyebutkan terhadap crew tersebut tim KKP Batam melakukan pemeriksaan sesuai protokol WHO dan pemeriksaan rapid test covid-19 didapatkan hasil reaktif. Pemeriksaan dikembangkan pada crew kapal yang lain. Hasil sementara pemeriksaan rapid test covid-19 pada crew kapal menunjukkan hasil reaktif/positif pada 9 orang crew, pemeriksaan pada crew lainnya hingga saat ini masih berlangsung dan diketahui sebanyak 40 crew yang terdiri dari 2 perwira dan 38 anak buah kapal (ABK) menunjukkan hasil reaktif/positif.

Memperhatikan hasil pemeriksaan ini kami menilai kondisinya membahayakan untuk kapal tetap berangkat ke Medan. Saat ini para calon penumpang masih tertahan di Pelabuhan Batu Ampar.

Kami mengusulkan, sekiranya memungkinkan, para calon penumpang dapat di fasilitasi oleh KRI TNI AL yang saat ini berada di Batam untuk menuju ke Medan, atau keberangkatan kapal ditunda untuk dilakukan pergantian crew kapal terlebih dahulu. Demikian kami laporkan. Terima kasih.(Ril/Red)

BACA JUGA :  Komedian Nunung Dan Suaminya Sempat Pakai Sabu Sebelum Ditangkap Polisi



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *