Ket. Foto : Aparat desa dan tim relawan saat memeriksa kesehatan tamu yang berkunjung ke Desa Gunung Kelawas, Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deliserdang, Sumut. (irawan)

Pemerintah Desa Gunung Kelawas Dirikan Posko Antisipasi Penyebaran Covid-19

Medan, infoindependen.com –  Pemerintah Desa Gunung Kelawas, Kecamatan Namorambe, Kabupeten Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut) membentuk relawan dan mendirikan posko dipintu masuk desa tersebut. Hal ini dilakukan sebagai upaya mencegah penyebaran virus covid-19.

Demikian dikatakan Kepala Desa Gunung Kelawas, Reno Ginting kepada wartawan, Selasa (14/4/2020). Relawan dan posko sudah mulai aktif bekerja mulai minggu ini.

Dalam sosialisasi dilapangan, para relawan yang bertugas di posko pintu masuk desa, memeriksa setiap orang yang ingin masuk. Terutama kondisi kesehatan dan suhu tubuhnya, dengan menggunakan alat pemeriksa suhu tubuh.

Bagi tamu atau pendatang yang diketahui suhu tubuhnya diatas standart orang sehat, maka akan disuruh pulang secara baik-baik. Disarankan juga untuk memeriksakan kesehatannya  lebih lanjut.

Sedangkan bagi tamu atau pendatang yang suhu tubuhnya normal, diwajibkan mencuci tangan dengan sabun. Pemerintah Desa Gunung Kelawas telah mempersiapkannya dipintu masuk desa.

Tidak hanya orangnya, lanjut Reno, kendaran yang digunakan, baik itu sepeda motor maupun mobil, juga dilakukan standard keamanan wabah corona. Tentunya dengan cara menyemprotkan desinfektan.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 14 hari, mulai 13 April-27 April 2020, dengan melibatkan Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Tidak tertutup kemungkinan, pemberlakukan posko akan diperpanjang, bila memang situasi dan kondisinya mengharuskan demikian.

Untuk kawasan Kecamatan Namorambe, Desa Gunung Kelawas merupakan satu-satunya desa yang membuat posko keamanan pencegahan covid-19. Hal ini bertujuan mensterilisasi desa dan warganya dari virus mematikan tersebut.

“Dengan membuat posko dan mengaktifkan para relawan dipintu masuk desa, kita berharap desa dan warga kita aman dari covid-19. Setidaknya posko yang kita buat ini menjadi usaha dan upaya kita melawasn pandemic corona,” papar Ginting yang juga seorang pengusaha dan eksekutif muda itu. (irawan)

BACA JUGA :  Jumat Berkah Bagi Nelayan Belawan Di Hari Puncak Peringatan HUT TNI AL Ke-76



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *