Pencuri Spesialis Rumah Kosong Sudah 20 Kali Beraksi Diringkus Resmob Polda Metro Jaya

Jakarta, infoindependen.com – Sindikat pencurian di rumah kosong (rumsong) digulung Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Tersangka, berinisial DH (30) diringkus di Jalan Swakara 1B, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Setiap beraksi tersangka kerap menggunakan satu set kunci duplikat. Dari hasil pemeriksaan Polisi, tersangka beraksi pada malam hari disejumlah wilayah di Jakarta, dan Bekasi. Sebelum masuk, tersangka terlebih dahulu mengetuk pintu rumah targetnya untuk memastikan rumah tersebut tidak ada orang alias kosong.

“Jadi tersangka sudah mengamati rumah korban sebelumnya. Tersangka masuk tidak merusak pintu, tapi menggunakan berbagai macam kunci duplikat. Tersangka melakukan pencurian sudah 20 kali di sekitaran Tambun, Cibitung dan Bekasi Barat,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono saat press conference, Rabu (24/7/2019).

Dari tersangka, Polisi menyita, 18 jam tangan berbagai merk, 2 tas slempang hitam, kotak perhiasan kosong, 7 handphone berbagai merk, 9 faktur pembelian perhiasan, 7 set kunci duplikat, 3 dompet warna coklat dan 3 laptop.

Aksi rumsong tersebut diketahui usai membobol rumah di KP. Pulo Gede, RT. 003/011, Kelurahan Jaksampurna, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi, pada Rabu (8/4/2019) lalu.

Dari dalam rumah milik korban (LC), tersangka menggasak uang Rp. 4.2 juta, ATM dan Buku Rekening. Saat korban pulang mendapati seisi rumahnya berantakan dan melihat uang, ATM yang disimpan dalam lemari sudah raib.

Mendapat laporan Polisi kemudian melakukan penyelidikan dan meringkus tersangka tanpa perlawanan, pada Kamis (18/7/2019) di Jl. Swakara 1B, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Di tempat terpisah, Polisi juga menciduk spesialis rumsong. Tersangka, berinisial OM (38) diamankan di Jl. Swadaya, RT04/02 Kelurahan Sukapura Kecamatan Cilincing Jakarta Utara, pada Kamis (18/7/2019).

BACA JUGA :  31 Anggota Geng Motor Diciduk Polres Metro Jakarta Timur

Rekannya, S yang berperan sebagai joki masih buron. Kombes Argo menjelaskan, tersangka beraksi pada Kamis, (16/5/2019) sekira pukul 19.50 WIB di rumah milik Ahmad Salimin Dani di Pondok Ungu RT01/06, Kelurahan Medan Satria, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi.

Para tersangka masuk dengan cara mencongkel kunci pintu pakai pahat. Dari dalam rumah, para tersangka menggasak uang Rp 240 juta dan handphone.

“Tersangka ini sebelumnya menyisir rumah untuk dijadikan targetnya. Begitu memastikan rumah kosong mereka kangsubg merusak kunci pintu pakai pahat,” tukas Kabid Humas.

Dari keterangan saksi, kata Kabid Humas, pihaknya kemudian membekuk tersangka OM di Jl. Swadaya, Sukapura, Cilincing. Rekan tersangka masih dilakukan pengejaran. Dari OM disita 2 handphone, jam tangan, pahat dan tas selempang.

Sumber: PUSKOMINFO, BID HUMAS PMJ




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *