Ruang sidang PN Rengat Inhu

Persidangan Pidana Pemilu Di PN lnhu Berlangsung Hingga Malam

Indragiri Hulu, Infoindependen.com – Persidangan terkait dugaan tindak pidana Pemilu 2019 yang terjadi di Kabupaten Indragiri Hulu (lnhu), Provinsi Riau yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Rengat sejak hari Senin (24/6/2019) kemarin berlangsung hingga malam hari.

Pengadilan Negeri Rengat Kabupaten lnhu saat ini sedang melaksanakan sidang terhadap dua dugaan tindak pidana Pemilu yang terjadi pada pemilu 17 April 2019 lalu, yakni tindak pidana politik uang dan tindak pidana penggelembungan suara yang dilakukan oleh Caleg PPP.

Ketua Majelis Hakim dalam perkara tersebut Darma lndo Damanik SH, MH yang juga Ketua PN Rengat pada saat menggelar sidang perdana mengatakan, bahwa sidang terkait tindak pidana pemilu ini harus selesai dalam waktu 7 (tujuh) hari.

“Sehingga perlu disepakati bersama seluruh agenda yang akan disidangkan agar dapat selesai sesuai waktu yang sudah ditetapkan,” kata Darma Indo Damanik SH, MH..

Dalam perkara ini, Darma lndo Damanik SH,MH didampingi oleh Hakim Anggota Petra Jenni Siahaan SH, MH, Omori Rotama Sitorus SH, MH, Debora Manulang SH, MH dan Immanuel MP Sirait SH selaku Anggota Majelis.

Berdasarkan hasil pantauan awak media di PN Rengat,  sidang dihari pertama Senin (24/6/2019) melaksanakan 3 Agenda, yaitu Dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU), dilanjutkan dengan eksepsi dari terdakwa serta jawaban JPU terhadap Eksepsi terdakwa.

Sidang dihari pertama ini berlangsung hingga sekitar pukul 22.00 WIB, sedangkan sidang dihari kedua selasa (25/6/2019) dengan agenda mendengarkan keterangan saksi berakhir sekitar pukul 23.00 WIB. Banyak nya saksi yang dihadirkan dalam perkara ini menjadi salah satu sebab sidang ini berlangsung hingga malam hari.

Mengutip keterangan yang didapat dari Bambang Dwi Saputra SH, MH selaku JPU dalam perkara ini, jumlah saksi yang dihadirkan dalam perkara ini berjumlah 13 orang, serta masing-masing terdakwa menjadi saksi bagi terdakwa lain. (AU)

BACA JUGA :  Kapolrestabes Medan KBP Riko Sunarko, SH, SIK, MSi, Tinjau Pos Lantas Polsek Sunggal



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *