Polres Metro Jakarta Selatan Ringkus 7 Orang Komplotan Penipu Modus Gadaikan Emas Palsu

Jakarta, infoindependen.com – Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Selatan menciduk tujuh orang komplotan penipu dengan modus menggadaikan emas palsu ke tempat pegadaian, berinisial A (20 tahun), R (21 tahun), SD (34 tahun), S, LY (19 tahun), F (25 tahun), dan FR. Selama satu bulan beroperasi, komplotan ini meraup uang hingga Rp800 juta dari dua pegadaian.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, Kompol Andi Sinjaya mengatakan, mereka ditangkap Polisi di kawasan Depok, Provinsi Jawa Barat dan Pekan Baru, Provinsi Riau selama bulan Juni – Juli 2019 kemarin. Selain mereka, masih ada pelaku lainnya yang tengah diburu Polisi.

“Jadi, mereka ini menggadaikan perhiasan yang sudah disepuh emas ke pegadaian, pegadaian membayar seharga perhiasan emas, tapi saat di cek kembali ternyata itu bukan emas asli alias hasil sepuhan. Ada dua laporan yang masuk ke kami, di pegadaian Ragunan dan di Jagakarsa,” ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat (9/8/2019).

Saat menggadaikan perhiasan emas itu, kata Kompol Andi, pelaku selalu menggunakan identitas palsu. Dalam kasus itu, para pelaku sudah meraup untung sebanyak Rp800 juta selama bulan April-Mei 2019 lalu beraksi.

“Jadi ada yang berperan menggadaikan, mengantar ke pegadaian, menyiapkan perhiasan imitasi yang akan digadai dan disepuh. Saat menggadaikan, mereka berkelompok empat orang dengan orang yang berbeda-beda,” tuturnya.

Adapun perhiasan imitasi itu, tambahnya, disepuh di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur yang mana Polisi pun masih mengembangkannya ke pelaku penyepuhan itu. Kini para pelaku dijerat pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. (Rls)

Sumber: PUSKOMINFO, BID HUMAS PMJ 

 

BACA JUGA :  Antisipasi Kerawanan Kriminalitas, Polres Metro Jakarta Pusat Dirikan Pos Pemantauan Selama Ramadhan



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *