Edwin Sugesti Nasution Sosper Perda No 6 Tahun 2015 Kepada 23 Kelompok Pengajian Di Kel. Bantan

Medan, Infoindependen.com -Anggota DPRD Medan Edwin Sugesti Nasution melaksanakan Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) No 6 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Persampahan kepada 23 kelompok ibu – ibu pengajian yang berdomisili di Jl. Ampera Kelurahan Bantan, Kecamatan Medan Tembung. Minggu (28/03/2021).

Edwin Sugesti Nasution Hadir sebagai narasumber pada sosialisasi itu. Selain ratusan masyarakat yang diundang, dikesempatan ini hadir Lurah Bantan Ahmad Huzel Nst, S.sos , Perwakilan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan Hendra P selaku mandor tempat pembuangan sementara (TPS) dan Mujur Tanjung mewakili tokoh masyarakat .

Dalam sambutannya, Lurah Bantan Ahmad Huzel Nst, S.sos sangat berterima kasih atas kehadiran Anggota DPRD Kota Medan Abangda Edwin Sugesti Nasition, SE. MM.

Pada sosialisasi itu, Edwin menjelaskan tentang pengelolahan persampahan yang sudah di atur di dalam perda No 6 tahun 2015.

Edwin juga menjelaskan, “tujuan dibuatnya Perda ini, tentu saja demi menjaga kesehatan masyarakat Kota Medan, tentunya masyarakat harus punya tugas dan tanggung jawab dan disinilah perlunya peran serta kesadaran masyarakat untuk mengelolah sampah menjadi manfaat ekonomi sebagai upaya untuk membantu kerja pemerintah”, tegasnya dalam kegiatan sosper tersebut.

Dalam kesempatan ini Anggota DPRD Fraksi PAN ini juga mengingatkan kepada masyarakat bahwa di dalam perda tersebut ada sanksi yang diberlakukan seperti yang diatur pada BAB XIII pasal 32 sampai pada pasal 35.

“Barang siapa yang membuang sampah jika individu dikenakan denda Rp 10 juta dan kurungan 3 bulan, jika badan/perusahaan dikenakan denda Rp 50 juta dan kurungan 6 bulan penjara”, ujar .

Sementara, Hendra perwakilan dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan selaku mandor TPS kelurahan sidorejo hilir memprediksi ada 2000 ton sampah yang dihasilkan masyarakat perharinya. Yang mana cara perhitungannya jumlah penduduk Kota Medan dikali 0.7 kg/hari sampah yang masyarakat hasilkan.

BACA JUGA :  Polsek Medan Area Amankan 10 Orang Preman Pelaku Pungli

Sebelum kegiatan sosper ini diakhiri, Hendra mengatakan, “mewakili dinas kebersihan dan pertamanan Kota Medan bahwa sampai saat ini kami sedang mengupayakan terkait jadwal pengangkutan sampah yang dikeluhkan masyarakat”, ucapnya.

Ia juga mengatakan,”kedepannya akan kita upayakan untuk mengangkut sampah setiap harinya”,pungkas Hendra

“Semoga Sosper ini dapat mengubah kita untuk menjadi orang yang sadar akan kebersihan,” ujarnya mengakhiri kegiatan sosper tersebut. (Rusydi.A)