Hari Pertama Penyekatan Mudik, Kakorlantas Pastikan Situasi Aman Terkendali

Jakarta, Infoindependen.com – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono mengecek titik penyekatan di KM 31 Gerbang Tol Cikarang Barat atau titik penyekatan pertama keluar jalur tol menuju Jawa dari arah Jakarta.

Istiono menyatakan situasi arus lalu lintas di titik penyekatan untuk menghalau pemudik berjalan aman dan lancar. Begitu juga di titik penyekatan yang tersebar dari Sumatera menuju Bali.

“Situasi terakhir pengamanan arus mudik lebaran 2021. Situasi terakhir bahwa jalur secara nasional, mobilitas secara nasional ini dalam keadaan aman lancar tidak ada hal atau kejadian yang menonjol,” kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono di Exit tol Cikarang Barat, Kamis (6/52021).

Istiono memastikan seluruh titik penyekatan yang diberlakukan aman terkendali, tidak ada kejadian yang menonjol.

“Baik Jakarta menuju Sumatera maupun Jakarta menuju Jawa. Relatif terkendali aman dan lancar. Kemudian, titik-titik penyekatan dilaksanakan jajaran ini telah dilaksanakan sesuai dengan aturan,” ucapnya.

Terkait adanya titik penyekatan membuat arus lalu lintas padat, Istiono mengungkapkan bila kepadatan sudah mencapai 5 KM maka akan dilakukan upaya rekayasa lalu lintas untuk mengurai arus lalu lintas.

“Kita atur dinamikanya kita atur, kita juga tidak menghendaki antrian terlalu panjang. Rekomendasinya 5 km. Jangan sampai terlalu panjang,” pungkasnya.

Kakorlantas didampingi Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Rudy Antariksa, Dirlantas Polda Jawa Barat Kombes Eddy, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

Kebijakan peniadaan mudik lebaran 2021 digelar mulai hari ini, 6 Mei sampai 17 Mei 2021. Sebanyak 381 titik penyekatan disebar dari Sumatera hingga Bali untuk mendukung kebijakan tersebut. (Red)

 

BACA JUGA :  Penatua Batak Karimun Apresiasi Kehadiran Organisasi Pemuda Batak Bersatu.