Peringatan Hardiknas, Pendidikan di Masa Pandemi Harus Tetap Bermutu

Medan,infoindependen.com – Hari pendidikan naional yang jatuh setiap tanggal 2 Mei harus menjadi momentum membangkitkan semangat membangun bangsa yang berperadaban. Meski kondisi sekarang tengah dirundung dengan pandemi covid-19, tekat untuk terus memberikan pendidikan yang terbaik kepada generasi bangsa harus terus membara.

Harapan ini disampaikan Tokoh Pendidikan Kota Medan Dr.Hj.Fitriani Manurung, S.Pd, M.Pd kepada wartawan saat ditanya terkait momentum hari pendidikan nasional saat ini, Minggu (02/05/2021).

“Hari ini kita berada dalam masa-masa yang penuh tantangan, termasuk dunia pendidikan. Namun kita harus tetap bertekad menghadirkan pendidikan yang baik untuk generasi muda harapan bangsa,” kata perempuan berhijab ini.

Dr.Hj.Fitriani Manurung yang akrab disapa Bunda Fitri mengajak seluruh elemen masyarakat dan pemerintahan tetap fokus mencurahkan perhatian terhadap keberlangsungan pendidikan, sehingga penyelenggaraan pendidikan di masa pandemi tetap memiliki mutu yang baik untuk generasi penerus.

“Kondisi pandemi ini, harus memacu kita tetap memberikan yang terbaik termasuk dalam dunia pendidikan,” jelasnya.

Perjuangan dalam memberikan pendidikan terbaik kepada generasi bangsa sudah disuarakan sejak sebelum berdirinya republik Indonesia. Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Medan ini mengatakan, pendiri bangsa Indonesia, Ir Soekarno mengatakan pendidikan adalah cermin kehidupan sebuah bangsa.

“Nilai-nilai Pancasila yang terangkum dalam gotong royong, pada hakikatnya adalah karakter bangsa Indonesia yang harus terus menerus dipahami, dihayati, dan diamalkan lagi melalui proses pendidikan karakter bangsa. Dan untuk menanamkan dan membangkitkan nasionalisme, harus diajarkan kepada bangsa Indonesia melalui lembaga Pendidikan secara sistematis dan terstruktur,” ucapnya mengutip perkataan Bungkarno.

Untuk itulah, pendidikan secara sistematis dan terukur disaat pandemi ini harus benar-benar dilaksanakan. Dan amanah dalam memberikan pendidikan yang baik terhadap anak bangsa harus terus dilakukan dengan maksimal.(red)

BACA JUGA :  Anggota DPRD Medan Abrar Tarigan Bagikan Sembako Kepada Warga Terdampak Covid-19