Preservasi Menuju Batas Jambi, Butuh Pengawasan Langsung Dirjen Bina Marga

Padang, infoindependen. Kegiatan Preservasi Ruas Jalan Surian-PD- Aro-BTS.Jambi tahun 2019 senilai Rp. 49.774.926.000 tidak selesai dilaksanakan, demikian disampaikan Rahmadi ST.
Bahkan kegiatan dengan Surat Perintah Melaksanakan Kegiatan (SPMK) kepada PT. Merangin Karya Sejati (MKS) terjadi pemutusan kontrak, ungkap Rahmadi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat memberikan arahan.

Tidak selesainya pekerjaan tentu saja sebagai dampak ketidakseriusan PPK dalam melakukan pengarahan kepada kontraktor pelaksana, sebutnya.
Tidak selesainya pekerjaan preservasi tahun anggaran lalu tersebut merupakan salah satu preseden buruk bagi PJN II Sumbar.
Lebih lanjut Rahmadi mengatakan, kita menilai PPK saat itu kurang serius dan terkesan enggan menerima informasi serta masukan dari seluruh stakeholder terkait.
Pada tahun ini, kita khawatir hal serupa juga akan terjadi pada kegiatan preservasi ruas jalan yang sama, sikap PPK yang tertutup terhadap publik berpotensi juga menjadi pemicu gagalnya preservasi ruas jalan tersebut.
Rahmadi mengatakan, kita berharap Kementerian PUPR khususnya Dirjen Bina Marga melakukan evaluasi terhadap PPK yang “alergi” terhadap kritik dan saran dari masyarakat.
Selain itu menurutnya, Dirjen Bina Marga diharapkan dapat menempatkan PPK dengan baik, sehingga PPK yang ada dapat melaksanakan pekerjaan dengan baik pula.
Artinya Dirjen Bina Marga diharapkan menunjuk PPK yang memiliki keseriusan dan komitmen untuk menunjang tercapainya visi dan misi Kementerian PUPR, ungkap pengamat jasa konstruksi ini.

Khusus kegiatan yang pernah gagal ini, kita berharap dilakukannya pengawasan secara langsung dari Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, demikian harap Rahmadi.
Sementara itu ketika dikonfirmasi melalui selulernya, terkait seperti apa kategori pelaksanaan kegiatan preservasi berhasil atau tidak, Agusman ST. MT sepertinya enggan menanggapi.
Agusman juga tidak menjawab ketika dikonfirmasi seperti apa target yang ia tetap dalam pelaksanaan preservasi ruas jalan tersebut.
Meski aplikasi WhatsApp menyatakan online, namun Agusman tidak menjawab konfirmasi dari media.

BACA JUGA :  Apresiasi Madago Raya Tindak Tegas Ali Kalora, Kapolri Minta Kejar 4 DPO MIT