Tradisi Acara Penyambutan Komandan Lantamal I Yang Baru

BELAWAN,infoindependen.com – Segenap Prajurit dan PNS Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Lantamal I) Belawan bertempat di Markas Komando (Mako) Lantamal I menyambut dengan gegap gempita kedatangan Komandan Lantamal I yang baru Kolonel Laut (P) Ahcmad Wibisono, S.E., CHRMP, dan Ketua Korcab I Daerah Jalasenastri Armada I, Ny. Ita Achmad Wibisono yang baru pertama kali memasuki Mako Lantamal I setelah melaksanakan Serah Terima Jabatan dari Brigjen TNI (Mar) I I Made Wahyu Santoso pada tanggal 3 Juni 2021 yang lalu di Mako Koarmada I Jakarta, Senin (07/6/2021).

Acara penyambutan tersebut merupakan tradisi yang terus di laksanakan kepada setiap pejabat Komandan Lantamal I yang baru saat pertama kali masuk ke gerbang Mako Lantamal I, dengan tujuan untuk mengantar kepada pejabat tersebut dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dalam memimpin Lantamal I Belawan kedepan.

Kolonel Laut (P) Achmad Wibisono, S.E., CHRMP merupakan Perwira lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL-38) pada tahun 1992 dan bersama Ketua Korcab I DJA I Ny. Ita Achmad Wibisono mengikuti acara tradisi yang diawali dengan laporan dari Perwira Jaga Tetap ke Komandan Lantamal I bahwa situasi Mako Lantamal I dalam keadaaan aman. Kemudian dilanjutkan pengalungan bunga kepada Danlantamal I oleh siswa SD Hangtuah Belawan dan pemberian buklet kepada Ketua Korcab I DJA I. Didampingi Pejabat Utama Lantamal I bersama-sama berjalan menuju gedung Mako diiring lagu “Selamat Datang Pahlawan Muda” yang dinyanyikan oleh segenap Prajurit dan PNS sambil bertepuk tangan dengan semangat.

Selanjutnya Komandan Detasmen Markas Letkol Mar Toni Simbolon laporan siap menerima kedatangan Komandan Lantamal I dan diteruskan dengan tarian penyambutan khas melayu Sumatera Utara dari putri-putri Dinas Pariwisata Medan yang cukup menawan. Setelah itu Danlantamal I beserta Ketua Korcab l DJA I melanjutkan berjalan menuju ruang VIP dengan diikuti oleh Pejabat Utama dan pengurus Jalasenastri Korcab I DJA I sampai pintu masuk ruang VIP dan sudah disambut oleh WS. Wadan Kolonel Laut (P) Sunar Solehuddin, S.H. untuk memakaikan kain Ulos ciri khas masyarakat suku Batak sebagai penghormatan atas kedatangan Pejabat baru sebagai Komandan Lantamal I.

BACA JUGA :  Serikat Pekerja Inalum Bersama KSJ Batubara Salurkan Paket Sembako

Selesai acara pemberian Ulos oleh WS. Wadan dilanjutkan tatap muka Danlantamal I kepada Para Pejabat Utama dan Kadis/Kasatker Lantamal I di ruang VIP sambil memperkenal diri seluruh pejabat Kadis/Kasatker di jajaran Mako Lantamal I.

Kegiatan acara penyambutan Komandan Lantamal I yang baru dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat dengan tetap memakai masker dan menjaga jarak untuk mencegah penyebaran Covid-19.(Dispen Lantamal I) (Syamsul)