Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan H. Abdul Wahab Dalimunthe Minta Warga Tidak Abaikan Prokes Covid-19

Medan,infoindependen.com -Anggota MPR RI H.Abdul Wahab Dalimunthe,SH meminta kesadaran seluruh lapisan masyarakat untuk tidak mengabaikan protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Virus Corona (Covid)-19 , yakni selalu memakai masker, menggunakan handsanitizer atau mencuci tangan memakai sabun disinfektan serta menjaga jarak aman.
Himbauan tersebut disampaikan H.Abdul Wahab Dalimunthe dihadapan peserta Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang dilaksanakan Selasa, (25/5/2021) di Aula Kantor Desa Marindal II Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang.

Acara tersebut juga dihadiri Camat Patumbak, Drs.Syahdin Setia Budi Pane, Kades Marindal II, Jufri Antono, tokoh pemuda, tokoh agama serta sejumlah masyarakat. Acara berlangsung tertib dan lancar dengan penerapan Prokes secara ketat, guna memutus mata rantai penyebaran dan pencegahan Covid-19 di tengah-tengah masyarakat.
Wahab menceritakan bahwa sebagian besar masyarakat kita masih mengabaikan Prokes Covid-19, terutama tidak memakai masker dan menjaga jarak di tempat-tempat umum, seperti pasar tradisional,pasar modern/mall, tempat pesta, tempat wisata dan tempat-tempat umum lainnya.

“Hal ini, tentu saja dapat meningkatkan penyebaran covid-19 di tengah-tengah masyarakat atau bertolak belakang dengan upaya pemerintah dalam hal Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro atau Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), peraturan yang diterbitkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam rangka Percepatan Penanganan Covid-19,” ujar legislator asal Dapil Sumut I mewakili Kota Medan, Kab.Deli Serdang, Kab.Serdang Bedagai dan Kota Tebing Tinggi.

Masih menurut mantan Wakil Wakil Gubernur Sumatra Utara (Sumut) periode 1998–2003 ini, pemerintah pusat terus berupaya mempercepat penanganan Covid-19 agar segera berakhir, termasuk pemberian vaksin secara gratis kepada seluruh elemen masyarakat secara bertahap. Namun hal tersebut akan sia-sia jika masyarakat masih mengabaikan Protokol Kesehatan.
Diingatkan oleh Abah sapaan akrab H.Abdul Wahab Dalimunthe bahwa orang yang sudah di vaksin bukan berarti sudah terbebas dari paparan virus corona (covid-19). Akan tetapi harus tetap memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak aman, karena belum seluruhnya warga tervaksin. Apalagi orang yang belum di vaksin tetap harus menerapkan prokes secara ketat hingga covid-19 berakhir dengan sendirinya.

BACA JUGA :  Polda Sumut Kawal dan Amankan Program Pembangunan Nasional

“Pergerakan masyarakat dalam beraktifitas memang sulit dihindari, namun tetap harus menyadari bahwa menjaga kesehatan adalah sangat berharga. Lindungi dirimu, keluargamu dan orang lain agar tidak terpapar covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan,” pesan Wahab.
Perlu Memahami 4 Pilar Kebangsaan
Sementara itu, dikesempatan yang sama, H.Abdul Wahab Dalimunthe juga mensosialisasikan sekaligus memaparkan pentingnya masyarakat memahami 4 Pilar Kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD’45, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika, sebagai kumpulan nilai-nilai luhur dan menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat.
“Diharapkan dengan memahami 4 Pilar Kebangsaan secara utuh dan konperhensif, masyarakat Indonesia akan menjadi bangsa yang besar yang menjungjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa Indonesia yang dikenal gigih, jujur,sopan dan santun,” pungkas H.Abdul Wahab Dalimunthe.

Diakhir acara, pihaknya juga membagikan buku paket 4 Pilar kebangsaan kepada setiap peserta untuk dibaca sekaligus sebagai bahan referensi, juga pembagian handsnitizer dan masker gratis.(Jal)