Program Ketahanan Pangan Nasional, Danlanud Sultan Sjahrir Terima SIG

Padang, infoindependen. Wujudkan Program Ketahanan Pangan Nasional Presiden RI Joko Widodo, PT. Sorgum Indonesia Grup bersama Kepala Cabang Sorgum Indonesia Grup Sumbar beserta pengurus bersilaturahmi dengan Komandan Lanud Sultan Sjahrir Kolonel Nav Saeful Rakhmat.

Hal ini diungkapkan oleh Presiden Sorgum Indonesia H. Mohd Sultan Caniago bersama Willy Fidyanto. SE, Kamis (29/9).

Silaturrahmi dengan Kolonel Nav Saeful Rakhmat Komandan Lanud Sultan Sjahrir, beliau menyambut baik silaturahmi yang dilakukan hari ini.

Ket foto: Suasana dialog Komandan Lanud Sutan Syahrir dengan Rombongan PT. Sorgum Indonesia Grup.

Sultan Caniago menyebut silaturahmi tersebut guna untuk melakukan penanaman Sorgum di Wilayah Sumbar dan sekitarnya.

Untuk Program Ketahanan Pangan yang dicanangkan Presiden Jokowi untuk mengantisipasi gejolak yang sedang berlangsung di beberapa negara.

Ket foto: Wamentan saat penanaman Sorgum bersama KASAL di Bogor.

Terlebih sesuai petunjuk Wamentan Harvick Hasnul Qolbi sebagai Bapak Sorgum Indonesia, yang sudah beberapa kali memimpin tanam perdana & panen, terakhir bersama KASAL dan jajarannya melakukan penanaman baik secara langsung maupun zoom di seluruh Indonesia dan mendapatkan Rekor Muri, ini perlu diapresiasi bagi Instansi Vertikal terhadap kegiatan tersebut, apalagi setelah beberapa hari lalu antara Panglima TNI dengan Kementrian Pertanian Republik Indonesia melakukan MoU dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan, pakan dan energi nasional dalam peningkatan taraf hidup petani dan masyarakat, imbuhnya.

 

Sementara itu Willy Fidyanto mengatakan hampir seluruh bagian tanaman sorgum, seperti biji, tangkai biji, daun, batang dan akar, dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku industri. Mulai menjadi makanan seperti sirup, gula, kerajinan tangan, pati, biomas, bioetanol dan tepung penganti terigu dan lainnya.

Ket foto: Wamentan saat penanaman Sorgum bersama KASAL di Bogor.

Menurutnya, yang menarik dari sorgum adalah tidak ada kandungan gluten. Sorgum kaya kandungan niasin, thiamin, vitamin B6, juga zat besi, dan mangan ini patut dikembangkan sebagai pangan alternatif yang menyehatkan.
Dan budidaya sorgum ini sangat cocok untuk dikembangkan di Propinsi Sumatera Barat, demikian akhir Willy. (***)

BACA JUGA :  Polri Persilahkan Abu Rara Jenguk Anaknya yang Jalani Program Deradikalisasi

Penjelasan lebih rinci, silahkan “klik tulisan berwarna”.



Suara rakyat adalah pilihan, tindak lanjut merupakan kewenangan stakeholder terkait.